OwlTail

Cover image of UI Sehat Mental

UI Sehat Mental

Gerakan promotif mengenai isu kesehatan mental bagi mahasiswa UI dibawah Dept. Kastrat BEM FPsi UI.

Weekly hand curated podcast episodes for learning

Popular episodes

All episodes

Warning: This podcast data isn't working.

This means that the episode rankings aren't working properly. Please revisit us at a later time to get the best episodes of this podcast!

Podcast cover

3.0 - 7. Jangan banyak ragu, mulai aja dulu

Pernah ngga sih kalian ragu-ragu untuk memulai apa yang sebenarnya pengen sekali kalian lakukan? Ragu-ragu karena memikirkan 'aku udah siap belom ya mulai ini?' 'Aduh pengen sih, tapi takut gagal' 'Aduh, nanti kalau ngga tau apa-apa dan terlihat bodoh gimana ya?'. Mungkin, kalian juga tahu ketakutan itu ngga akan membawa kalian kemana-mana. Tapi, gimana sih caranya biar kita bisa berani memulai? Nah, kali ini Annisa dan Khadijah akan membahas tentang bagaimana kita meyakinkan diri kita untuk akhirnya berani memulai.

9mins

12 Feb 2021

Rank #1

Podcast cover

3.0 - 6. Eksplorasi sana-sini, mau jadi apa?

Mulai merencanakan masa depan merupakan tekanan dan kewajiban yang wajar dirasakan saat memulai usia dewasa muda. Pertanyaan "Eh udah besar ya, mau jadi apa?" terlalu sering rasanya didengar saat kumpul-kumpul keluarga. Ingin menetapkan karir, tapi sebenernya alasan untuk menetapkan karir ini sudah betul atau belum ya? Sebenarnya bagaimana sih cara kita memilih rencana masa depan yang berarti bagi kita dan membuat kita bahagia ? Apakah Eksplorasi sana-sini benar-benar berarti dalam mewujudkan masa depan impian kita? Kali ini Nisa dan Nadya akan membahas mengenai perencanaan masa depan yang bahagia dan apa pentingnya eksplorasi dalam meuwujudkan masa depan kita. 

11mins

31 Dec 2020

Rank #2

Similar Podcasts

Podcast cover

3.0 - 5. Istirahat dulu sebentar, gak apa-apa kan?

Istirahat adalah bentuk dari Self-Compassion yang biasa kita lakukan sehari-hari. Dengan beristirahat, kita peduli dan memahami kapasitas diri. Namun, dalam praktiknya, masih banyak orang yang mengaitkan istirahat adalah tindakan yang egois. Tidak hanya egois, terkadang terdapat perasaan bersalah dan takut tertinggal dari orang lain ketika harus beristirahat. Di Podcast kali ini, Nadya dan Annisa bakal memberikan tips bagaimana agar istirahat kita efektif dan terhindar dari perasaan bersalah.

11mins

10 Nov 2020

Rank #3

Podcast cover

3.0 - 4. Benarkah waktu dapat menyembuhkan?

Kita seringkali mendengar kalimat “time heals all wounds, waktu akan menyembuhkan semuanya”.  Padahal bila hanya menunggu waktu berjalan, lama-kelamaan kita bisa saja lupa kalau kita punya masalah yang belum terselesaikan. Jadi apa benar hanya dengan menunggu waktu berjalan, bisa menyembuhkan luka dari masalah-masalah kita? Atau sebenarnya ada cara lain yang lebih efektif untuk menyembuhkan luka-luka kita? Dalam podcast kali ini Nadya dan Annisa akan ngomongin tentang cara menyembuhkan diri dari luka-luka kita secara pro-aktif dan efektif. Temukan jawaban selengkapnya di podcast ini ya!

9mins

13 Sep 2020

Rank #4

Most Popular Podcasts

Podcast cover

3.0 - 3. Dikritik, Siapa Takut?

Kritik seringkali disalahartikan sebagai bentuk hinaan dan ujaran kebencian. Seseorang cenderung merasa tidak senang kalau dikritik. Reaksinya pun beragam: ada yang berkecil hati, gak peduli, bahkan defensif. Dalam podcast kali ini, Embun dan Khadijah bakal ngomongin tentang kritik. Apakah kritik memiliki dampak baik untuk kita? Bagaimana caranya menyikapi kritik secara lebih sehat? Temuin jawaban selengkapnya di podcast ini! 

11mins

28 Jul 2020

Rank #5

Podcast cover

3.0 - 2. You're Your Own Person

"Siapakah dirimu?" adalah satu pertanyaan yang setiap orang punya caranya masing-masing untuk menjawab. Ada yang menggambarkan identitas dirinya berdasarkan status, value, hobi, pencapaian, dan lain-lain. Namun, sebagian orang masih bingung kalau ditanyakan tentang identitas, bahkan sampai merasakan krisis identitas. Dalam podcast kali, Nadya dan Annisa bakal memberikan kamu tips-tips agar bisa mengenal diri lebih baik. Sehingga, kamu gak kebingungan lagi kalau ditanya: siapa sih dirimu yang sebenarnya?

17mins

26 Jun 2020

Rank #6

Podcast cover

3.0 - 1. You're the author of your own story

Berbicara soal masa lalu, tidak semua orang menyadari betapa itu berpengaruh penting dalam kehidupan kita. Beberapa orang masih terjebak di masa lalu, sebagian yang lain malah berusaha untuk melupakannya. Di podcast ini, Nadya dan Annisa ingin mengajak kamu untuk memetik pelajaran dari masa lalu dan menyadari bahwa masa lalu memang membentuk kita, namun tidak mendefinisikan siapa kita hari ini. 

16mins

8 May 2020

Rank #7

Podcast cover

3. Nanti dulu, gak apa kan ya?

Rebahan, buka medsos, scrolling, buka medsos lain, guling kanan, scrolling—lanjut aja terus, padahal ada tugas. Kebiasaan menunda pekerjaan kayaknya udah dianggap normal dan bagi beberapa orang, jadi bagian dalam diri. Sebenarnya, gak apa gak sih? Di episode ini, Bilah dan Salsa akan bahas soal prokrastinasi.

17mins

24 Feb 2020

Rank #8

Podcast cover

2. Kok gak kayak mereka ya?

Semenjak kuliah, pintu pertemanan dan hubungan sosial semakin terbuka lebar. Semakin banyak orang yang kita kenal, juga semakin beragam. Gak jarang kenal orang-orang baru, tau pencapaian mereka, ngebuat kita mikir—mereka keren banget, gue mah apa. Kali ini, Bilah dan Salsa akan bahas tentang perbandingan sosial yang seringkali kita alami.

15mins

13 Feb 2020

Rank #9

Podcast cover

1. Ada Apa dengan Kesehatan Mental?

Setengah hidup mahasiswa, ya di kampus. Sampai suatu titik, mungkin kampus bukan lagi tempat yang menyenangkan. Di episode perdana ini, Bilah & Salsa bercerita seputar kesehatan mental di lingkungan kampus.

13mins

11 Nov 2019

Rank #10